majidsyahreza89

“Pendidikan Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menuju Go Internasional, Mungkinkah ? atau hanya sebuah Mimpi

Posted on: Januari 16, 2012

Jurusan pendidikan biologi IAIN SNJ Cirebon menuju go internasional atau world class university, mungkinkah ? atau hanya sebuah mimpi. “World Class University” kata-kata ini mungkin sering kita dengar dalam dunia akademisi, tetapi apakah esensi sebenarnya dari kata-kata diatas? Apakah world class dilihat dari prestasi yang mampu diraih dalam dunia internasional atau banyaknya mahasiswa Negara lain yang menuntut ilmu di Universitas tersebut?.

Jika kita sedikit melihat kedalam, benarkah jurusan pendidikan biologi IAIN SNJ Cirebon telah siap menjadi jurusan berkelas dunia, karena hal tersebut tidaklah mudah, membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung serta sumberdaya manusia yang mumpuni. Mari kita lihat dari segi sarana dan prasarananya terlebih dahulu seperti : ruang kelas, toilet, laboratorium, perpustakaan, tong sampah, dan sumber daya listrik, yang kiranya masih jauh dari harapan kriteria jurusan bertaraf internasional dilihat dari ruang kelas jurusan biologi yang hanya memiliki beberapa kelas serta dengan kondisi yang terkesan apa adanya, dikelas hanya ada fasilitas umum seperti bangku, meja dan  papan tulis. Jika ingin memenuhi kelas yang bertaraf internasional harus lengkap tersedia fasilitas didalamnya seperti infokus disetiap kelas, meja dan bangku tercukupi dengan desain kelas yang bertingkat antara meja satu dengan meja diatasnya sehingga pembelajaran akan terfokus, serta ruang kelas yang nyaman dengan pendingin ruangan, serta fasilitas ruang kelas yang lain untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran.

Untuk proses praktikum harusnya tersedia ruang laboratorium yang nyaman dan menunjang kegiatan praktikum disertai dengan alat-alat laboratorium yang canggih dan mutakhir, sehingga praktikum tidak akan terhambat hanya dengan alasan alat-alat laboratorium yang tidak tersedia. Seperti dikampus kita tercinta jurusan biologi hanya mempunyai satu ruangan laboratorium itu juga harus digunakan oleh banyak semester dan banyak kelas pastilah ini tidak efesien dalam proses pembelajaran belum lagi alat-alat laboratotium yang terkesan seadanya dan kelihatan ketinggalan zaman dan terbatas jumlahnya kendala-kendala tersebut pastilah akan menghambat dan menggangu proses praktikum sehingga ilmu yang ditranfer tidak akan terserap maksimal diakibatkan kendala-kendala tersebut. Belum lagi kondisi lingkungan kampus yang masih kotor dan belum tertata rapih bangunanya, semerawut dan berantakan, tong sampah saja belum banyak tersedia didepan kelas biologi padahal harga dan mendapatkannya sangat mudah dan murah harganya tapi pihak jurusan belum bisa memenuhi itu semua.

Tidak adanya perpustakaan jurusan biologi yang mengakibatkan mahasiswa biologi belum bisa mengakses buku-buku spesifik tentang kebiologian mengganggu perkuliahan, mereka harus meminjam buku di perputakaan induk yang kiranya jumlah buku tentang kebiologian masih minim dan terbatas jumlahnya serta layanan hot spot belum bisa tersedia sampai saat ini dengan alasan yang beragam, padahal kehadiran internet sangat menunjang proses pembelajaran karena mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan layanan internet untuk mneggali ilmu, tidak terpaku hanya pada teks bebas atau ceramah semata tetapi mahasiswa diajak memasuki dunia internet sehingga mahasiswa mahir dan mampu mempelajari internet. Belum lagi toilet yang saya kira tidak layak, kotor, kumuh dan gelap itulah gambaran tentang toilet biologi kurangnya keperawatan, pemeliharana dan kadang-kadang air kran mati sehingga menyulitkan para mahasiswa, belum lagi bau yang ditumbulkannya sangat meresahkan dan bisa mengakibatkan menggangu pembelajaran.

Dan jika benar wacana tersebut, pastilah butuh banyak persiapan yang harus dipenuhi atau dilaksanakan, dilihat dari syarat menjadi universitas dunia diperlukan banyak persiapan diantaranya: Keunggulan tersebut mencakup antara lain, keunggulan dalam riset yang diakui masyarakat akademis internasional melalui publikasi internasional, keunggulan dalam tenaga pengajar (profesor) yang berkualifikasi tinggi dan terbaik dalam bidangnya, keunggulan dalam kebebasan akademik dan kegairahan intelektual, keunggulan manajemen dan governance, fasilitas yang memadai untuk pekerjaan akademis, seperti perpustakaan yang lengkap, laboratorium yang mutakhir, dan pendanaan yang memadai untuk menunjang proses belajar-mengajar dan riset. Dan tidak kurang pentingnya, keunggulan dalam kerja sama internasional, baik dalam program akademis, riset, dan sebagainya.

Gambaran diatas tentang jurusan biologi dipandang dari sarana prasarana untuk menuju jurusan go internasional, masih banyak yang belum terpenuhi, belum lagi persyaratan yang lain yang  harus dipenuhi dan dilengkapi oleh jurusan biologi kalau benar ingin tetap menjadi jurusan biologi go internasional setidaknya ada tiga hal yang harus ada dalam strategi menuju jurusan biologi go internasional. Pertama, harus punya fokus riset atau pengembangan bidang-bidang tertentu yang akan jadi “unggulan” mereka. Sebaiknya, bidang-bidang ini punya kedekatan dengan kondisi alam, sosial, dan budaya. Hasil riset juga punya kegunaan langsung di masyarakat. Kedua, mendorong tiga mesin utama, yaitu integrasi berbagai bidang terkait, pemanfaatan teknologi IT, dan penanaman nilai-nilai entrepreneurship. Ketiga, ada pengembangan ventura-ventura atau sumber daya yang ada di perguruan tinggi. Pengembangan itu bisa dari segi akademik dengan pengembangan intellectual capital dan sumber daya lain yang bersifat ekonomis. Strategi harus dipikirkan, dan dijalankan secara sinergi dan kontinu. Kalau tidak, sulit untuk untuk bersaing. Kualifikasi dosen pengajar yang minimal S2 dan mempunyai guru besar atau professor, jika kita melihat dijurusan biologi jurusan ini belum mempunyai professor bidang biologi,  yang ada juga professor kimia sungguh sangat ironi jurusan biologi yang dari awal terbentuk sampai sekarang belum mempunyai guru besar bidang biologi harus dipertanyakan perkembangannya. Dan masih banyak lagi persyaratan yang harus dipenuhi oleh jurusan biologi jika ingin benar-benar menjadi jurusan go internasional.

Jelas tidak mudah bagi jurusan pendidikan biologi IAIN SNJ Cirebon untuk mencapai berbagai keunggulan tersebut salah satu cara menuju jurusan biologi go internasional juag adalah bekerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi luar negeri yang kredibel. Kerja sama itu harus didasarkan pada prinsip saling menguntungkan dan bisa menjadi pemicu peningkatan kualitas pendidikan.beberapa kriteria yang umumnya dijadikan sebagai dasar bagi penentuan peringkat adalah sebagai berikut : Ada tidaknya peraih nobel di perguruan tinggi tersebut, Jumlah mahasiswa asing yang menjadi mahasiswa di jurusan tersebut, Jumlah staff yang bergelar doktor beserta prestasi akademik dan penelitian yang diraihnya, Adanya internet bandwidth connectivity yang baik serta kecepatan aksesnya, Adanya rasio student-dosen yang seimbang serta tingkat selectivity mahasiswa yang baik, Seberapa banyak publication index dari para peneliti di perguruan tinggi tersebut yang dikutip oleh orang lain, Seberapa sering update informasi dari berbagai aktivitas di perguruan tinggi tersebut, Seberapa banyak adaptasi pembelajaran modern dalam proses pembelajarannya,Terdapatnya berbagai sumber keuangan yang mendukung keberlanjutan berbagai aktivitas perguruan tinggi tersebut. Maka untuk memenuhi cita-cita menjadi menjadi go internasional, unit yang harus ektra keras untuk mensupportnya antara lain : lembaga penelitian, perpustakaan, teknologi informasi, biro SDM.

Semoga wacana ingin menjadikan jurusan biologi go internasional  tidak hanya sebuah mimpi belaka, tetapi bisa menjadi kenyataan karena apabila cita-cita itu terwujud maka banyak pihak yang akan bangga dan mensupport untuk menjadi jurusan yang berwawasan global, tetapi ini semua jangan menjadi petir disiang bolong hanya menjadi wacana ditataran pejabat tetapi kosong pada tahap pelaksanaannya semoga semua yang diimpikan akan bisa terwujud dan menjadi indah pada waktunya. Amien   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: